Monday, 7 November 2016

Inilah Fakta Positif dari Kebiasaan Melamun

Fakta Positif Dibalik Kegiatan Kebiasaan Melamun .

Sejatinya kegitan atau kebiasaan melamun sering diartikan sebuah kegiatan yang tidak baik, dan biasanya orang akan mengira di saat kita melamun dikira kita lagi berfikir negatif, namun anda harus tahu tidak selamanya melamun itu merugikan kita.


Dibawah ini buktinya, banyak hal hal yang positif yang bisa terbentuk dari melamun, namun disni melamun bukan berarti pikiran kosong, melainkan suatu cara untuk berfikir tenang agar dapat sensasi ketenangan didalam pikiran, terus melahirkan sebuah ide yang positif.

 
Mengaktifkan sekaligus mengistirahatkan otak

Melamun memberikan kesempatan bagi dua bagian dalam otak kita untuk aktif secara bergantian. Ada dua sistem dalam otak kita, yaitu bagian yang bertugas dalam aktivitas pengambilan keputusan dan bagian yang berfungsi untuk merasakan empati. Dalam keadaan normal, hanya salah satu bagian saja yang lebih aktif. Tetapi dengan melamun, kedua bagian tersebut akan aktif secara bergantian.

Membangkitkan kreativitas

Ketika kita sedang melamun, benak kita menjelajahi berbagai bagian dalam otak, mengumpulkan berbagai informasi, dan menciptakan koneksi dari informasi-informasi yang tidak terhubung tersebut. Dengan kata lain, melamun membangkitkan gagasan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.Bahkan seniman terkenal seperti JK Rowling dan Woody Allen mengaku mendapatkan inspirasi untuk karya-karya mereka lewat lamunan.

Melatih otak

Ahli Neuroscience Dr. Muireann Irish mengatakan kalau lamunan adalah hasil dari proses pemikiran kompleks yang melibatkan beberapa bagian otak sekaligus. Dengan kata lain, melamun bisa menjadi salah satu cara untuk mengasah ketajaman otak kita.

Meningkatkan memori jangka pendek

Melamun tak hanya bisa membangkitkan kreativitas. Aktivitas ini ternyata juga bisa memperbaiki memori kerja kita.Memori jangka pendek melibatkan kemampuan otak untuk menyimpan dan memanggil kembali informasi pada saat pikiran terdistraksi. Riset yang dilakukan University of Wisconsin dan Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Science menunjukkan korelasi yang tinggi antara melamun dan aktivitas memori kerja.

Menyehatkan tubuh

Melamun setara dengan hipnotis. Melamun sama dengan memerintahkan otak untuk menurunkan level stres. Tingkat stres yang rendah ini kemudian berdampak secara fisiologis pada kesehatan seluruh tubuh.

Itulah beberapa manfaat dari melamun yang perlu kamu ketahui. Tetapi harap diingat, lamunan yang bermanfaat untuk otak dan tubuh adalah lamunan yang bersifat positif. Kalau yang kamu lamunkan adalah pikiran-pikiran negatif, bukan manfaat, tetapi justru efek negatif yang kamu dapatkan.
 

Related Posts

Inilah Fakta Positif dari Kebiasaan Melamun
4/ 5
Oleh