Saturday, 10 December 2016

8 Macam Sumber Rezeki Dari Allah Untuk Manusia

8 Macam Sumber Rezeki Dari Allah Untuk Manusia
Sumber Rezeki Via Http://mozaik.inilah.com

Selaku manusia sekaligus hamba Allah SWT kita pastinya selalu berharap mendapatkan suatu rezeki untuk bisa kita pergunakan, memenuhi kebutuhan hidup, menyambung hidup dan sampai untuk mencapai cita cita dan impian kita yang masih tertunda

Di dunia yang fana ini, kita pastinya selalu berlomba lomba untuk mencari rezeki, namun zaman sekarang ini banyak diantara kita dalam mendapatkan Rezeki  tidak lagi dengan cara halal
Apa pun dia akan lakukan agar dia mendapatkan uang untuk keperluan hidupnya, wahai saudaraku sudahkah anda ketahui bahwa rezeki itu sudah ada yang mengatur

Sudahkah anda mengetahui bahwa ada jenis jenis Sumber Rezeki yang diberikan Allah kepada kita.
Jika Anda belum mengetahuinya maka simak dulu penjelasan nya di bawah ini

8 Macam Sumber Rezeki Dari Allah Untuk Manusia

 Adapun 8 Macam Sumber Rezeki Dari Allah Untuk Manusia itu adalah sebagai berikut

1. Rezeki yang telah dijamin oleh Allah 


8 Macam Sumber Rezeki Dari Allah Untuk Manusia
kelaparan via https://muslim.or.id/
Kita semua tahu bahwa Sumber rezeki setiap manusia sudah ada yang mengatur namun kenpa masih ada yang kita lihat banyak diantara kita masih dalam kategori miskin dan sering kelaparan, didalam artikel yang saya ambil Mengapa Ada Yang Mati Kelaparan Padahal Rezeki Sudah Dijamin dari https://muslim.or.id/ menjelaskan  bahwa kenapa hal itu bisa terjadi. 
Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

 إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

“Sesungguhnya Allah Dialah Yang Banyak Memberi rezeki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh” (Surah Adz-Dzaariyaat:58).

وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Berilah kami rezeki, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama” (Al-Maa`idah:114).

وَإِنَّ اللَّهَ لَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik pemberi rezeki” (Al-Hajj: 58).

وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezeki” (Al-Jumu’ah: 11).

(Fiqhul Asmaa`il Husnaa, hal. 103).
Setiap makhluk yang berjalan di muka bumi diberi rezeki, sebagaimana firman Allah Ta’ala,

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا

Dan tidak ada satupun makhluk yang berjalan di muka bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya” (Huud: 6).

Allah memberitahukan di dalam ayat ini bahwa Allah memberi rezeki kepada seluruh makhluk yang berjalan di muka bumi ini. Sangat jelas sekali beberapa firman Allah di atas. Tidak ada satu pun di antara hamba-hamba-Nya yang beriman yang meragukan firman Allah Ta’ala di atas.

Hanya saja, Allah Ta’ala melapangkan rezeki bagi sebagian hamba-hamba-Nya dan menyempitkannya bagi sebagian yang lainnya, untuk suatu hikmah yang Allah ketahuinya.
Hal itu merupakan kebijaksanaan dari-Nya dan sesuai dengan ilmu-Nya tentang apa yang bermanfaat dan yang layak bagi hamba-hamba-Nya. Allah Ta’ala berfirman,

وَاللَّهُ فَضَّلَ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ فِي الرِّزْقِ

“Dan Allah melebihkan sebahagian kalian dari sebagian yang lain dalam hal rezeki” (An-Nahl: 71).

اللَّهُ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

“Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan baginya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu” (Al-‘Ankabuut: 62).

Nah sekarang sudah tahu kan walaupun rezeki sudah ada yang menjamin tapi hanya Allah yang mengkehendaki untuk melapangkan rezeki seorang hamba dan menyempitkan rezeki seorang hamba dengan hikmah yang baik yang hanya Allah yang tahu.

2. Rezeki Karena Berusaha

8 Macam Sumber Rezeki Dari Allah Untuk Manusia
Manusia yang berusaha, Tuhan Yang Menentukan Via http://riz-wahfa.blogspot.co.id
 Pada pembahasan pertama bahwa rezeki itu datangnya dari Allah tapi hanya allah yang mengkehendaki hambanya untuk melapangkan dan meyempitkan rezeki tersebut, walaupun sumber rezeki itu datang nya dari Allah, karena Allah adalah Ar-Razzaq (Maha Pemberi Rezeki).

Karena rezeki itu datangnya dari Allah. Dan, Allah memberikan kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Namun, sebagai manusia yang diberikan akal budi, kita tetaplah harus berikhtiar, berusaha untuk mendapatkan rezeki itu. Terlepas nanti apakah rezeki kita banyak atau tidak, itu dikembalikan kepada Allah.

Tugas kita sebagai manusia adalah berikhtiar. “Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.”

3. Rezeki Karena Bersyukur

8 Macam Sumber Rezeki Dari Allah Untuk Manusia

                          Rezeki untuk orang bersyukur via http://www.catatanmuslimah.com/




Allah SWT. akan menambahkan rezeki bagi siapapun hamba-Nya yang pandai bersyukur. Maka pandai-pandailah bersyukur karena Allah akan lebih memperhatikan orang-orang yang bersyukur. Kita akan merasakan kebahagiaan, merasa cukup, hidup lebih sejahtera dan hati yang tentram.


4. Rezeki Yang Tidak Terduga

Sebagai hambanya allah terkadang kita pernah berharap mendapatkan suatu rezeki yang tak terduga oleh kita, istilah anak zaman sekarang ketimpa duren, mendapatkan rezeki yang tak pernah kita duga duga oleh kita sebenarnya itu adalah rezeki dari hasil perbuatan baik anda yang dulu pernah anda lakukan namun anda lupakan lalu tiba tiba anda menuia buah dari perbuatan baik anda dulu, tapi kita sering mengatakan hal seperti rezeki tak terduga.

Selain berikhtiar, sangat dianjurkan bagi muslim untuk berdoa agar usahanya bisa berhasil. Jika menginginkan rezeki yang tak terduga, disarankan untuk memperbanyak doa ini:

8 Macam Sumber Rezeki Dari Allah Untuk Manusia
Doa untuk mendapatkan rezeki yang tak terduga via http://www.dream.co.id/
 5. Rezeki Karena Sering Istighfar

 
8 Macam Sumber Rezeki Dari Allah Untuk Manusia
keutamaan Istighfar via http://okezoona.blogspot.com/


Sejatinya kalimat Istighfar merupakan sering digambarkan untuk menganjurkan kita agar bersabar ketika dilanda musibah, namun keutamaan Istighfar bukan sampai disitu saja keutamaan nya bisa juga berdampak pada rezeki, berikut penjelasan nya


1. Pertama-tama seruan para Nabi dan Rasul adalah mengajak ummatnya agar hanya menyembah satu Tuhan saja yaitu Allah swt. Dzat yang Maha Kuasa, Maha Pemberi rizki, Yang membolak-balikkan hati manusia dan Yang Meluaskan dan Yang Menyempitkan rizki hambaNya.

2. Mengajak kepada seluruh ummatnya untuk banyak mohon ampun dan taubat agar beruntung DUNIA-AKHIRAT.

3. Saat ummat mulai mau mohon ampun dan taubat kepada Allah, maka terjadi perubahan yang sangat luar biasa pada kehidupan sosial masyarakat tersebut. Apa itu?

 Rezeki mereka melimpah ruah & datang dari segala penjuru.
 Kebun dan sawah ladang mereka jadi subur dan berbuah segar
 Harta dan keturunan mereka jadi banyak dan berkah
 Turun hujan deras yang membawa rahmat dan bukannya azab.
 Dan masih banyak lagi keutamaannya.(lihat Qs.Nuh:10-13)

4. Belum lagi saat anda bersedekah maka akan lebih luar biasa lagi hasil yang bakal anda dapatkan fadhilahnya dari Allah swt.

Hanya saja seperti pertanyaan anda di atas, apa iyaa… dengan ISTIGHFAR DAN SEDEKAH dapat meraih hidup kaya dan sukses? Dan bagaimana cara mengamalkannya sehingga nyata dapat dirasakan hasilnya? Karena banyak toh orang yang istighfar dan sedekah tapi ya gitu2 aja hidupnya, tidak jauh beda dengan yang lainnya.

Anda salah besar kalau seperti itu tanggapan anda. Belum pernah saya menjumpai Allah mengingkari janji2-Nya kepada orang yang mau istighfar dan sedekah, lantas hidupnya tetap kere alias melarat sepanjang hidupnya. Justru yang terjadi orang tersebut akan semakin kaya dan berkah hidupnya. Dan semuanya tergantung dari cara mengamalkannya!!!!
Maka untuk memaksimalkan hasil yang akan anda dapat dari mengamalkan istighfar dan sedekah itu wajib dengan ILMU/PETUNJUK CARA MENGAMALKANNYA.

6. Rezeki Karena Menikah

8 Macam Sumber Rezeki Dari Allah Untuk Manusia
Indahnya Pernikahan via http://idepernikahan.com/
Sebagai umat islam kita pasti sudah mengetahui bahwa kelak kita pasti akan menikah, namun urusan siapa jodohnya itu urusan Allah, Pernikahan merupakan sunnah Rasul yang wajib kita laksanakan terkhusus buat para orang tua untuk menikahkan anak anaknya dan Pernikahan itu adalah suatu ibadah.

Namun zaman sekarang ini banyak pernikahan yang terjadi seperti ajang pamer, bukan lagi untuk ibadah, tidak lagi untuk menyambung tali silahturahmi, padahal banyak sekali manfaat bagi kita jika melalukan ibadah ini terutama berdampak pada rezeki.


Allah Ta’ala berfirman , 

 وَأَنْكِحُوا الأيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ (٣٢

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberikan kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Qs. an-Nur [24]: 32)

Baca juga Informasi selengkapnya seputar Pernikahan di bersamadakwah.

7. Rezeki Karena Anak


8 Macam Sumber Rezeki Dari Allah Untuk Manusia



Beruntunglah bagi keluarga yang memiliki anak, sebab Allah Telah menjamin setiap nyawa yang lahir di dunia ini sudah membawa rezeki nya masing masing, saya setuju dengan prinsip zaman dulu, banyak Anak banyak Rezeki.

Namun prinsip itu semakin lama semakin memudar karena banyak alasan, salah satu alsannya karena faktor ekonomi. Padahal jika anda mengatahui bahwa anak itu membawa berkah rezeki bagi suatu keluarga. 


Allah SWT berfirman



“Allah menjadikan bagimu istri-istri dari jenismu sendiri dan menjadikan bagimu dari istri-istrimu itu anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik.” (Qs. an-Nahl: 72)



Allah berfirman:



“Dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezekinya sendiri, Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Qs. al-’Ankabuut: 60



Allah SWT berfirman



 “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.” (Qs. al-Israa’: 31)
8. Rezeki Karena Sedekah

8 Macam Sumber Rezeki Dari Allah Untuk Manusia
Mukzizat Sedekah Via https://lancarrezeki.blogspot.co.id/
Penjelasan mengenai sedekah sudah saya bahas di point ke 5 jika anda belum membacanya, anda bisa membacanya ulang

Sedekah merupakan ibadah yang memiliki pahala yang sangat banyak jenisnya, dan efeknya juga banyak untuk kehidupan kita

Allah SWT berfirman yang artinya

"...Dan barangsiapa yang sedang disempitkan rezekinya, maka hendaknya ia menafkahkan sebagian rezeki yang Allah berikan padanya" (Q.S.At-Thalaq : 7).
Sedekah membawa rezeki yang berlipat 700 kali. Perhatikan janji Allah pada ayat ini "Perumpaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang mengeluarkan nafkahnya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tipa butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunianya) lagi Maha Mengetahui" (Al Baqarah : 261). 


Sedekah mendekatkan surga sebagaimana pada ayat berikut " Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa (yaitu) orang-orang yang menafkahkan  (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya serta memaafkan (kesalahan) orang. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan" (Q.S.Al Imran : 133-134).
Sedekah akan kembali pada kita. "Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah)  maka pahalanya itu untuk kamu sendiri dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan mencari keridhaan Allah, dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedangkan kamu sedikitpun tidak akan dirugikan "(Q.S.Al Baqarah : 272).
Didoakan malaikat setiap hari. Tiada sehari pun sekalian hamba memasuki suatu pagi kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satu dari keduanya berdoa "ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang menafkahkan hartanya". Sementara yang lain berdoa "ya Allah, berikanlah kebinasaan kepada orang yang menahan hartanya (HR Bukhari dan Muslim). 
Sebagai bonus pada edisi ini saya akan menampilkan video mengenai

Video Inspirasi dan Motivasi - Semangat Mencari Rezeki yang Halal - Ustadz Abuz Zubair Hawaary

 

 

Related Posts

8 Macam Sumber Rezeki Dari Allah Untuk Manusia
4/ 5
Oleh