Monday, 12 December 2016

Jika Jodoh Di Tangan Tuhan Kenapa Kita Harus Berusaha Untuk Mendapatkan Nya

Jika Jodoh Di Tangan Tuhan Kenapa Kita Harus Berusaha Untuk Mendapatkan Nya

Permasalahan jodoh atau pun pasangan kini kerap terjadi dikalangan anak remaja yang beranjak dewasa, kesalahan pemahaman membuat kebanyakan remaja kini sudah salah arah.

Kini persoalan pasangan jadi ajang pamer dan perlombaan yang membuat kita jadi sombong dan membully teman ataupun saudaranya yang masih jomblo.

Ditambah lagi perkembangan zaman kini sudah merusak akhlak remaja muslim terkhusus Indonesia, percampuran dari pergaulan bebas sangat berdampak pada perbuatan yang tercela yang dapat mencelakakan mereka sendiri.

Tidak terelakkan kasus pencabulan, kasus kekerasan pada wanita kini merajalela, yang penyebabnya ada pergaulan bebas, kita tidak tahu lantas siapa yang harus disalahkan..?

Daripada sibuk memikirkan siapa yang harus disalahkan lebih baik kita saling intropeksi diri, terkhusus kepada para orang tua, seharusnya selaku orang tua haruslah tegas dalam mendidik anak, mengikuti setiap perkembangan nya, mulai dari pergaulan, kepercayaan, hingga sampai pemikirannya, agar anak kita terhindar dari zolimnya dunia.

Permasalahan jodoh ataupun pasangan di dalam Al-Qur'an sudah dijelaskan.

Adapun ayat quran tentang jodoh tersebut adalah sebagai berikut :

Surat Faatir ayat 11

وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُطْفَةٍ ثُمَّ جَعَلَكُمْ أَزْوَاجًا وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنْثَى وَلا تَضَعُ إِلا بِعِلْمِهِ وَمَا يُعَمَّرُ مِنْ مُعَمَّرٍ وَلا يُنْقَصُ مِنْ عُمُرِهِ إِلا فِي كِتَابٍ إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ
dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah.
Surat Adz Dzariyat ayat 49
وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ
dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.
Surat An Naba’ ayat 8
وَخَلَقْنَاكُمْ أَزْوَاجًا
dan Kami jadikan kamu berpasang-pasangan.
Itulah beberapa ayat Al-Qu'ran tentang jodoh dalam al-quran. Semoga bermanfaat…


Pembahasan diatas sudah menjelaskan beberapa ayat Al-qur'an tentang jodoh,  Nah sekarang kita akan membahas kenapa kita harus berusaha dalam mencari jodoh padahal sudah ada Tuhan yang mengaturnya, mar kita simak penjelasan nya dibawah ini.
 

Alasan Kenapa Kita Harus Berusaha Dalam Mencari Jodoh


1. Karena Jodoh Adalah Cerminan Diri
 
Jika Jodoh Di Tangan Tuhan Kenapa Kita Harus Berusaha Untuk Mendapatkan Nya
Jodoh Cerminan Diri Via http://imqrum.net/
 
Pasti anda pernah mendengar istilah ini, ya betul istilah ini memberikan pelajran dalam usaha anda dalam mencari jodoh, anda tak perlu pusing pusing memikirkan kriteria calon pasangan anda, cukup satu hal yang anda fikirkan yaitu bagaimana diri anda sepenuhnya, karena jodoh mu adalah cerminan dirimu.

Lebih baik anda memantaskan diri dulu menjadi orang baik, sebab jodoh tidak akan tertukar seperti yang anda lihat disinetron tv.

2. Cintai dulu Penciptanya Baru lah Cintai Ciptaan nya
 
Jika Jodoh Di Tangan Tuhan Kenapa Kita Harus Berusaha Untuk Mendapatkan Nya
 
Sebagai manusia kita seharusnya sadar bahwa posisi kita didunia ini adalah sebagai hamba, berarti ada yang menciptakan, nah gambaran sepertinya yang harus anda pahami terlebih dahulu sebelum mencari jodoh.

Cinta yang tulus dan suci terlahir dari perasaan kagum bukan dari nafsu ingin memiliki, bagaiman bisa anda mencintai dirinya sedangkan anda saja tidak mencintai penciptanya, sepantasnya manusia yang beriman pasti tahu dengan prinsip itu.

Jadi terlebih dahulu cintai dulu Tuhan dengan melakukan perintahnya dan menjauhi larangannya baru lah anda mencintai ciptaan nya dengan tujuan yang baik dan benar.

3. Menyanggupkan Diri Sebagai Seorang Imam

Jika Jodoh Di Tangan Tuhan Kenapa Kita Harus Berusaha Untuk Mendapatkan Nya
Seorang Imam Rumah tangga via Http://merdekasiana.com/ 
Menjadi suami dan bapak ideal dalam rumah tangga? Tentu ini dambaan setiap lelaki, khususnya yang beriman kepada Allah Ta’ala dan hari akhir. Dan tentu saja ini tidak mudah kecuali bagi orang-orang yang dimudahkan oleh Allah Ta’ala.

Sosok kepala rumah tangga ideal yang sejati, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bersabda:

«خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لأَهْلِى»
Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik (dalam bergaul) dengan keluarganya dan aku adalah orang yang paling baik (dalam bergaul) dengan keluargaku

Imam al-Munawi berkata: “Dalam hadits ini terdapat argumentasi yang menunjukkan (wajibnya) bergaul dengan baik terhadap istri dan anak-anak, terlebih lagi anak-anak perempuan, (dengan) bersabar menghadapi perlakuan buruk, akhlak kurang sopan dan kelemahan akal mereka, serta (berusaha selalu) menyayangi mereka”.

Bonus unuk anda agar bisa menemukan jodoh anda dengan benar sesuai cerminan diri anda



Related Posts

Jika Jodoh Di Tangan Tuhan Kenapa Kita Harus Berusaha Untuk Mendapatkan Nya
4/ 5
Oleh