Thursday, 15 December 2016

Inilah Alasan Kenapa Laki Laki Dianjurkan Untuk Wajib Merantau

Inilah Alasan Kenapa Laki Laki Harus Wajib Merantau

Merantau.., pastinya hal ini sudah gak asing lagi untuk anda yang kebanyakan dari kampung ataupun dari kota kecil untuk mengadu nasib ke tempat yang bisa membuat kita menjadi lebih baik, baik itu dari segi moral dan juga akidah.

Anjuran Merantau untuk kaum laki laki memang sudah sering kita dengar, dan kebanyakan kita pun sudah melakukan nya

Anjuran ini bukan lah sekedar anjuran, sebab menurut alkisah seorang ulama besar dulu pun melakukan perjalanan merantau untuk menyebarkan ajaran agama islam, Hingga sampai Nabi Muhammad SAW saja sudah melakukan nya, namun dalam konteks berjihad.

Dewasanya laki laki sudah pasti mengetahui bahwa tanggung jawabnya lebih besar dari perempuan, selain mengandalkan beban tersebut pastinya seorang laki laki juga ingin sukses di rantau orang lain

seperti prinsip orang batak dan minang, bahwa sukses di rantau itu  rasanya lebih bangga , namun tujuan merantau bukan lah itu, Pada artikel saya kali ini menjelaskan tentang Alasan Kenapa Laki Laki Dianjurkan Untuk Wajib Merantau dan apa saja hikmah dibalik dari itu semua.


1. Merantau Menawarkan Kesempatan yang Lebih Luas

Inilah Alasan Kenapa Laki Laki Dianjurkan Untuk Wajib Merantau
Ada kesempatan yang lebih luas via 2.bp.blogspot.com 

Beberapa tempat memiliki peluang untuk memberikan kesempatan yang lebih beragam buatmu. Kamu merasa di kota asalmu susah mengembangkan industri kreatif? Cobalah pindah ke Bandung atau ke Jogja. Ingin berkarir jadi eksekutif muda? Jakarta dan Surabaya bisa jadi pilihan tepat.

Jika kamu merasa kota tempatmu tinggal sekarang tidak mendukung impian terbesar dalam hidup, barangkali ini saatnya kamu mempertimbangkan untuk mengepak tas dan pindah dari situ. Carilah tempat baru yang suportif bagi jalan kesuksesan yang ingin kamu tempuh.

2. Belajar Jadi Pribadi yang Punya Daya Juang

Inilah Alasan Kenapa Laki Laki Dianjurkan Untuk Wajib Merantau
Lebih tahu makna berjuang via www.washingtonpost.com
Selamanya di rumah, apalagi terus tinggal bersama orang tua akan membuatmu merasa tidak perlu berjuang untuk hidup. Toh makan udah ada yang ngurus, tempat tinggal juga disedian. Kamu bisa menggunakan uang yang kamu peroleh untuk senang-senang aja, deh.

Walau terkesan menggiurkan, hal ini tidak lain adalah lumpur hisap yang secara perlahan membunuhmu. Kamu bisa tumbuh jadi orang yang pasrah aja sama keadaan. Padahal mereka yang sukses adalah mereka yang punya semangat juang menggebu. Coba deh, beranikan diri untuk keluar dari rumah. Berdiri diatas kaki sendiri, jangan lagi minta bantuan keluarga dan rasakan perjuangan hidup yang sebenarnya.


3.  Melatih Kamu Lihai Beradaptasi

Inilah Alasan Kenapa Laki Laki Dianjurkan Untuk Wajib Merantau
Membuat kamu lihat beradaptasi via www.timlo.net

Hal yang gak kalah berguna dari merantau adalah kesempatan untuk terekspos oleh budaya yang asing. Kamu bisa jadi sangat fasih berbicara dalam bahasa daerahmu, tapi di rantau kamu akan menjelma makhluk asing yang nggak paham sama pembicaraan orang-orang di sekitar. Kamu nggak akan punya pilihan selain belajar beradaptasi dengan kultur baru tersebut.

Kemampuan beradaptasi adalah skill yang wajib dimiliki sama kamu yang mau sukses. Dalam jalan menuju keberhasilan kamu akan banyak bertemu dengan orang dari berbagai latar belakang. Sebagai pribadi kamu harus pintar-pintar menyesuaikan diri dengan semua orang, sebab kamu tidak akan tahu darimana pintu kesuksesanmu terbuka. Nah, merantau akan mempersiapkanmu jadi orang dengan kemampuan adaptasi yang baik.

 4.Membuatmu Menghargai Arti Keluarga

Inilah Alasan Kenapa Laki Laki Dianjurkan Untuk Wajib Merantau
Kamu akan sadar betapa pentingnya arti keluarga via lh6.googleusercontent.com

Hipwee pernah menulis salah satu alasan kenapa etnis Tionghoa bisa jadi super kaya adalah karena mereka bisa menemukan keseimbangan antara karir dan keluarga. Walau gila-gilaan bekerja, mereka tidak melupakan pentingnya posisi keluarga dalam hidup. Dengan meninggalkan keluargamu dan pergi merantau, kamu akan bisa melakukan hal yang sama.

Tinggal jauh dari keluarga akan membuatmu sadar bagaimana selama ini mereka benar-benar menyayangimu dengan tulus. Setelah tidak lagi tinggal seatap dan kerap terserang rindu kamu akan meluangkan waktu untuk menghubungi ayah-ibumu. Merantau membuka matamu, bahwa satu-satunya tempat kamu bisa diterima tanpa pretensi ya cuma di keluarga.

5. Memperluas Jejaring Pergaulanmu

Inilah Alasan Kenapa Laki Laki Dianjurkan Untuk Wajib Merantau
Membuat jejaringmu lebih luas via 4.bp.blogspot.com

Di artikel tentang alasan dibalik kekayaan Etnis Tionghoa Hipwee pernah menulis tentang budaya “Guan-Xi” yang berarti membangun jejaring dan mempertahankan hubungan baik demi kepentingan kedua belah pihak. Yup, kesuksesan memang nggak bisa dilepaskan dari kemampuan untuk membangun dan menjaga jaringan dengan orang lain.

Kalau kamu selalu tinggal di tempat yang sama, bagaimana kamu bisa memperluas jejaring pergaulan? Mau banget seumur hidup cuma kenal orang dengan tipe yang sama terus? Jika kamu benar-benar berniat sukses, pindah ke tempat baru akan membuka kesempatan untuk mengenal orang baru. Kamu akan dihadapkan pada mereka yang sifatnya jauh berbeda dari kawan-kawan yang selama ini biasa kamu temui. Intinya sih jangan menutup diri dan tetaplah bergaul dengan siapapun.

Itu lah tadi beberapa alasan yang harus anda ketahui kenapa anda dianjurkan untuk segera merantau, nah untuk menambah semangat anda dalam merantau saya akan memberikan bonus motivasi untuk anda agar perjalanan merantau anda dapat lebih tertuju dan menyenangkan.

Motivasi Merantau dari Imam asy-Syafi’i

#-Merantaulah…-
Orang berilmu dan beradab tidak diam beristirahat di kampung halaman.
Tinggalkan negerimu dan hidup asing  (di negeri orang).#

#Merantaulah…
Kau akan dapatkan pengganti dari orang-orang yang engkau tinggalkan (kerabat dan kawan).

Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang.#

#Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan..

Jika mengalir menjadi jernih, jika tidak, akan keruh menggenang.#

#Singa jika tak tinggalkan sarang, tak akan dapat mangsa..
Anak panah jika tak tinggalkan busur, tak akam kena sasaran.#

#Jika matahari di orbitnya tak bergerak dan terus berdiam..
tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang.#

#Bijih emas tak ada bedanya dengan tanah biasa di tempatnya (sebelum ditambang).
Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa jika di dalam hutan.#

#Jika gaharu itu keluar dari hutan, ia menjadi parfum yang tinggi nilainya.
Jika bijih memisahkan diri (dari tanah), barulah ia dihargai sebagai emas murni.#


Merantaulah…
Orang berilmu dan beradab tidak diam beristirahat di kampung halaman.
Tinggalkan negerimu dan hidup asing  (di negeri orang)
 
Tonton Juga Vidoe Motivasinya....
 
 

Related Posts

Inilah Alasan Kenapa Laki Laki Dianjurkan Untuk Wajib Merantau
4/ 5
Oleh